D4

DEEE EMPAAAAATTTTTT. AKHIRNYA KELUAR PENGUMUMANNYAAAAAAAA. tahun ini harus lulus! aaaaaaaaaamiiiiiiiiiinnnnn

Sekilas backstory. Dikarenakan saya adalah lulusan STAN, maka gelar tertinggi saya adalah D3. Untuk menaikkan gelar tersebut, pilihannya ada dua, ikut tugas belajar, atau ijin belajar. Tugas belajar itu saya akan ditugaskan untuk belajar, penuh, tanpa terganggu rutinitas kantor. sedangkan kalo ijin belajar, saya harus tetap masuk kantor seperti biasa. pulang kantor baru bisa ikut kuliah.

Nah, karena saya juga mendapat penempatan yang jauh dari rumah, salah satu cara untuk bisa balik ke deket rumah adalah dengan tugas belajar. Kenapa? Karena statistik berkata 90% lulusan Tugas Belajar dapat penempatan yang deket rumah. Sebuah kesempatan besar! Tugas belajar yang paling rutin ada adalah DIV. maka itulah peluang saya untuk bisa pulang πŸ˜€

Jadi, tahun lalu, saya sebenarnya sudah bisa ikut ujian D4.Β  dan tentu saja saya ikuti ujian itu. Saya sudah berusaha mempersiapkan diri saya sebaik mungkin, namun apa daya, nasib berkehendak lain. Walau saya curiga ada hubungannya dengan gambar Super Saiya-jin saat psikotes. Oh iya, lupa belum cerita. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya,Β  untuk bisa menempuh pendidikan DIV, kami para lulusan D3 harus lulus tes terlebih dahulu. Nah, tesnya terdiri TKD (tes kemampuan dasar yang berisi soal-soal matematika dasar (dan rada drumit), bahasa indonesia,dan logika), bahasa inggris (you know lah, kek toefl gitu), dan Psikotes. Nah, untuk TKD dan Bahasa Inggris saya sudah mempersiapkan diri. latihan setiap malam ditemani suara merdu si dia yang juga belajar. Tapi untuk psikotes, saya rada….gabungan skeptis, sinis, dan pesimis. Pesimis karena saya ga bisa gambar sedangkan salah satu tes psikotes adalah menggambar, skeptis dan sinis karena saya tau bahwa di luar sana, di dunia nyata, di toko buku, beredar latihan-latihan untuk psikotes yang semuanya nyaris mengajarkan hal yang sama. harus gambar ini lah, harus gambar itu lah, harus mulai dari nomor ini lah, nomor itu lah. Menurut saya itu bullshit. kalo semua orang membaca buku itu? berarti jawaban mereka semua sama dong? mereka semua gambar hal yang sama dong? terus? gimana ngukurnya? gimana parameter atau variabel penentu kelulusannya ditentukan?

Karena hal tersebut, saya rada ga serius untuk psikotes. ketika si dia udah serius latihan keras, saya latihan seadanya. Saat ujian, para peserta lain menggambar guru, pelukis, petinju, atlit bola, saya menggambar Super Saiya-jin, dengan skill gambar yang jauh di bawah rata-rata. Dan hasilnya? si dia lulus, saya ga lulus. OTL

Kembali ke masa kini, sekarang saya punya motivasi lebih untuk lulus DIV tahun ini. Iming-iming bisa pulang, dan bisa menemani si dia selama 2 tahun πŸ˜€ Saya akan berusaha lebih keras lagi untuk bisa lulus. Doakan saya ya.

*note to self: cari buku-buku psikotes

Doakan saya ya Sayangku, Ajari saya cara gambar yang baik yaaaaaa

dan tak lupa,

15 days to go

Advertisements

3 responses to “D4

  1. “sedangkan kalo tugas belajar, saya harus tetap masuk kantor seperti biasa” itu ijin belajar kali yak maksudnyahhh πŸ™„

    aku dah 3 x ikut 3 x ga lolos and still stay calm 😳

  2. Jangan lupa dunia seisinya ini hanya milik Allah, semua kejadian di dunia ini adalah atas KEHENDAK ALLAH SWT, manusia hanya bisa berusaha semaksimal mungkin, tapi hasil akhir yang berkehendak hanyalah ALLAH. Kalau tahun lalu kamu belum lolos …. itu bukan krn gambar Super Saiya-jin, karena semata-mata Allah belum berkehendak untuk km lolos. Karena itu berpasrah dirilah hanya pada Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s