Indonesia=/=antri?

Saya heran deh, orang indonesia itu susah banget antri ya? Maunya lebih dulu, asal nyerobot. Kekna antri hanya berlaku di tempat yang mengharuskan antri. Bener-bener deh.

Kenapa saya membahas ini? Semua bermula saat saya harus belanja barang-barang kebutuhan pokok untuk menjalani hidup hikkikomori di akhir minggu. Toko yang saya kunjungi adalah toko tipe-tipe kek indomart dimana kita tinggal ngambil barang n bayar di kasir. Simple sebenernya. Datang, nyari barang, bayar di kasir, pulang.

Dan itu menjadi menyebalkan ketika orang-orang lain ga punya satu nilai hidup, antri. Mereka berkerumun di depan kasir, naruh barangnya di depan kasir, dan ngebiarin si kasir milih barang mana dulu yang mo dihitung. Dan saya hanya bisa melongo ngliat orang yang baru datang dilayani lebih dulu karena naruh barang lebih dulu dibanding saya yang hanya berdiri antri di belakang orang yang lagi dilayanin dan megang barang belanjaan saya sendiri.

Seriously, is queuing that difficult to do?

Dan karena hal itu saya lalu mencoba ngingat-ngingat, bagaimana tradisi antri orang Indonesia. Dan sepanjang ingatan saya, buruk. Orang indonesia hanya antri kalo tempatnya mengharuskan antri. Contohnya, antri di bank, antri naek pesawat, antri check in di bandara. Di tempat-tempat yang tidak mengharuskan antri, kerusuhan terjadi. Contoh simpelnya di halte bus transjakarta. Ga ada tuh yang namanya antrian teratur 1 jalur ato dua jalur. Yang paling bagus yang pernah saya temui cuma tumpukan teratur. Dibatasi oleh…hmmm…..semacam pita  pembatas. Di luar area pita pembatas itu sepi, di dalamnya? beh, numpuk.

Apa ya penyebabnya?

3 responses to “Indonesia=/=antri?

Leave a Reply

