It’s Cooking Time!

Beberapa hari lalu, lebih tepatnya sekitar hampir 2 minggu lalu, saya dan kawan saya yang lagi jalan-jalan ke Gramedia Pontianak melihat ada buku tebel tentang resep masakan-masakan Asia. Dalam pikiran kami saat itu langsung terlintas si Tendou Souji, karakter utama KR Kabuto yang jago masak, jago segalanya sih dia. Dan karena ingin mengikuti jejak si Tendou dalam hal memasak, kami buka buku itu, buku yang udah kebuka plastiknya tentu, dan nyari resep tergampang yang kami tau, Miso Soup, salah satu masakan Jepang,. Dan sesuai dugaan kami, resep Miso Soup sangat gampang, cuma butuh tahu, miso, kaldu, udah deh, masukin jadi satu pas air udah mendidih. Kasi jamur ato daging lainnya sebagai topping tambahan.

Karena waktu itu masi dalam bulan puasa dan saya ada niat nginep di rumahnya, kami niat masak sup itu n bergegas ke Hypermart. Sayang beribu sayang kami ditolak nitipin barang karena menurut petugas penitipan barang, kami ga bisa menitipkan barang lagi kalo udah sekali keluar dari Hypermart (sebelum ke Gramedia kami ke Hypermart dulu). Alasannya sih ga percaya kami mo belanja beneran n ga sekedar nitip barang. Oh well, ya sudah, rencana masak tertunda.

Sehari setelah itu, saya lalu kepikiran untuk nyoba masak pas udah nyampe di Probolinggo nanti. Masakan yang terlintas dalam benak saya adalah Mapo Tofu. Saya lantas nyari resepnya di internet n dapat satu yang cocok menurut saya.

Hari pertama saya datang di Probolinggo saya langsung ngomong ke Mama ingin masak n ga dibantu (selama ini kalo masak saya hanya berperan sebagai pemasak nasi, pengiris sayur, pengupas bawang, ataupun penggoreng lauk). Mama hanya tersenyum n bilang terserah saya. Jadilah hari itu saya belanja kelengkapan Miso Soup di Giant malam-malam setelah kumpul-kumpul dengan teman SMA. Jam 10 malam saya lalu bikin percobaan biar ntar pas yang benerannya ga bingung.

Seperti yang saya katakan kemarin, membuat Miso Soup itu gampang. Dalam waktu kurang dari 10 menit, asal bahannya udah siap, masakan udah jadi. Yang paling menyita waktu mungkin ngiris-iris tahu n jamurnya. Ngiris tahunya hati-hati karena halus banget. Ngiris jamurnya lambat karena alot setelah direndem air. Dan inilah hasilnya

Miso Soup ala ChimanX

Secara visual ga menarik sih, tapi secara rasa kalo buat saya udah mirip ama yang di restoran-restoran jepang. Udah pede dengan hasil latihan itu, saya lalu nyiapin sup itu untuk sahurnya orang rumah. Sayang seribu sayang, orang rumah ga suka dengan supnya. Hambar katanya. Emang sih, saya ga pake garam pas bikinnya, dan Miso Soup juga ga terlalu “sedep” rasanya. Masalah lidah aja kali ya. Ketika saya tambahkan garam, tanggapan dari orang rumah membaik. Hmmm, berarti lidah orang rumah itu lidah masakan “sedep”. Oke, kita coba ntar di resep selanjutnya, Mapo Tofu.

Niat masak Mapo Tofu baru terlaksana tadi pagi. Kali ini dapat bantuan dari Mama waktu ngiris-ngiris dagingnya. Alot sih, saya blum pernah ngiris daging sebelumnya. Resep Mapo Tofu ini juga ga susah. Yang susah itu nyiapin bahan-bahannya. Nyincang daging, nyincang bawang putih, ngiris daun bawang, dan lainnya sesuai resep. Begitu bahannya siap, tinggal tumis daging, kasi air n bumbu sampe mendidih, masukin tahu deh. Selese. Pas nyiapin bahan ini, saya menemui beberapa masalah. Di kulkas ga ada daun bawang, jadi kudu ke pasar dulu. Cabe merahnya juga ga ada, jadi ga pake cabe. Air larutan tepung kanji nyaris kelupaan. Takaran nyaris salah karena saya lupa saya bikinnya 2x resep sedangkan yang saya siapkan 1x resep. Setelah mengatasi masalah-masalah itu dan memastikan semua bahan-bahannya udah siap, yang memakan waktu nyaris satu jam, Mapo Tofu pun dimasak. Dan ini hasilnya

Mapo Tofu ala ChimanX

Sekali lagi, not attractive visually, but i think it has the correct taste, maybe. Ga pernah makan sebelumnya. Tapi syarat utamanya terpenuhi, “sedep”. Dan benar saja, kali ini orang rumah pada suka. Yay! Satu mangkuk besar itu tinggal sisa dikit! Ah, puas rasanya kalo masakan kita disukai olehan orang lain. Mungkin ini ya yang jadi motivasi para chef-chef itu. Jadi pingin nyoba resep lain, tapi apa ya? Ada saran?

————————————————————————————————————————————————————————–

Resep Miso Soup:

200gr tahu sutra

5 jamur Shitake

1 sdt kaldu

4 sdm tauco

2 lembar daun bawang, iris halus

1 ltr air

How to: Didihkan air, masukin semua bahan di atas n aduk ampe matang.

Sumber: Buku kumpulan resep masakan-masakan Asia, lupa judul tepatnya

Resep Mapo Tofu: di sini

12 responses to “It’s Cooking Time!

  1. Sup miso gak pake miso? Misonya sendiri mana, Mas? Miso ‘kan fermentasi kedelai…

    Mapo tofu itu sebenarnya dari Tiongkok, saya tahu dari komik “Cooking Master Boy”. :mrgreen:

    • Itu tauco kan sama dengan miso, sop. Iya, emang fermentasi kedele. Tauco yg saya beli juga keliatan biji biji kedelenya.

      Hooo, dari tiongkok ya. Kepikiran bikin itu karena inget makanan favoritna Tenshi di Angel Beats 😀

Leave a Reply

