Stutter

Udah nonton The King’s Speech? Belum? Coba nonton. Itu film bagus. Tapi, sayang sekali, saya ga mau membahas film itu. Ada hubungannya sih.

Jadi, The King’s Speech itu bercerita tentang Raja Inggris, King George VI yang GAGAP. Yak, benar, gagap, kek si aziz OVJ kalo lagi manggung. Kaget kan? Kok ada ya, kok bisa ya, seorang Raja yang harus terlihat lebih segala-galanya, gagap. Well. silakan nonton filmnya.

Anyway, gagap itu apa sih? kalo menurut KBBI gagap adalah gangguan bicara (kesalahan dl ucapan dng mengulang-ulang bunyi, suku kata, atau kata). Penyebabnya? Sampai sekarang belum diketahui. Kalo berita di detik bilangnya karena gen, karena faktor keturunan. Lha, keluarga saya (selain saya tentunya) ga ada yang gagap kok, kenapa saya gagap? Ya, saya gagap. Saya juga ga gagap dari kecil. Seingat saya, saya mulai gagap setelah pindah ke Prolink, kelas 3-4 SD mungkin, sekitar itu. Sebelum itu biasa-biasa aja. Jadi, saya kurang setuju dengan teori penyebab gagap=gen. Lalu apa penyebabnya? Saaaaaa, misteri. Kalo mo ditelusuri secara pribadi, mungkin karena tekanan. Yah, namanya juga lingkungan baru. Tapi ada ingatan dimana mama pernah nglarang saya niru-niru karakter gagap, jadi bisa juga karena kebiasaan yang akhirnya ga bisa ilang. Who knows.

Menjadi seorang yang gagap itu ga enak lho. Anak yang gagap itu rentan bullying secara verbal. Taukah kalian kalo ketika anak yang gagap mencoba ngomong dengan susah payah dan kalian memotongnya dengan meniru kegagapannya itu, anak itu tersakiti? terlecehkan, terhina, yang akhirnya bikin tu anak minder, menutup diri? Oh well, ga semuanya sih. Tergantung sifat bawaan tu anak, introvert ato ekstrovert. Dan sayangnya, saya yang introvert (berbagai macam tes kepribadian di internet yang saya ikuti nunjukin hasil introvert).

Kalo diingat-ingat (emang masih ingat) gagapnya saya pas smp-sma adalah saat-saat terparah. Bener-bener susah buat ngomong dengan lancar. Dan sekarang, saya menyiasatinya dengan decakan. Jadi kalo ada yang merhatiin/ngobrol dengan saya, harap dimaklumi ya kalo ada bunyi-bunyi decakan di beberapa awal kalimat.

Gimana sih cara nyembuhin gagap? Saaa, saya yang belum sembuh total dari gagap ga bisa kasi jawaban. Kalo dari sumber-sumber lain, ada yang bilang diterapi, ada yang bilang ada obat medisnya. Sekali lagi, saaaaaa, ga tau. Kalo di film King’s Speech, rajanya ga bisa sembuh total. tapi dia punya metode sendiri untuk menyamarkan kegagapannya. Entah dengan melodi dalam setiap kalimatnya, entah dengan pengaturan nafasnya.

Oh iya, gagap itu sendiri, menurut berbagai sumber, ada tingkatannya. Ada yang ringan, sedang, dan berat. Kalo yang rendah ato sedang itu, biasanya gagap kalo lagi ngomong di publik, kalo lagi ngomong sendiri ato lagi nyanyi, lancar. Saya masuk yang sedang ato ringan soalnya masi bisa nyiasatin dengan decakan, lancar pas ngomong sendiri ato nyanyi, si raja juga, jadi….apakah saya bisa jadi raja? (ga nyambung)

Gagap yang berat itu mungkin ke si aziz di OVJ, gagap di publiknya seperti itu. Bener-bener susah ngomong dengan lancar.

Apapun, bagi para pembaca sekalian, tolong jangan menghina, melecehkan, ato merendahkan orang gagap ya? Kalo saya mah dah biasa. Yang lain itu lho, utamanya yang masih kecil. Perkembangan mentalnya jadi terganggu.

By the way, silakan kunjungi link ini dan baca artikel ini. Sekedar tambahan referensi, utamanya bagi mereka yang sama seperti saya dan si raja, gagap

3 responses to “Stutter

Leave a Reply

