54y4 k3r3n lh0

bisa baca tulisan di atas?

harusnya bisa. ga terlalu susah itu

kalo ini

Nteantodndestz

bisa baca?

saya ga berhasil menerjemahkan kata itu sampe detik tulisan ini dibuat.

udah tau kan istilah untuk kata-kata seperti itu. alay. kalo bahasa alaynya sendiri sih 4l4y (saya bacanya forlay)
dari hasil penelusuran saya di mbah gugel (yang mana tu..errr..sapa tu karakter utamanya angel demons, pernah bergumam dengan geramnya bahwa gugel bukan riset, tapi tu tetep kreasi hebat manusia) alay itu artinya anak kampung, asal katanya dari anak layangan. kata tersebut digunakan untuk menyebut mereka yang berkulit gosong matahari, suka kelayapan, berpakaian sok gaul (saya masi bingung, batas antara sok dan yang ga sok tu mana ya?) dan lain sebagainya. yang paling mencolok sekarang adalah penggunaan nama/pemakaian kata. contohnya seperti di atas tadi. susah di baca kan? mungkin yang nulis mikirnya imut, keren. tapi yah, untuk orang kebanyakan susah dibaca. pernah seorang kawan ngopasin sebuah kata yang lupa gimana persisnya, saya bacanya kek orang kecekek, GCKGKCKGKGKGK, dan ternyata itu adalah versi alay dari kata “gak ada batas.” see? bisa menimbulkan salah paham kan?

fenomena nama alay kerap ditemukan di remaja-remaja usia belasan yang masi SMP ataupun SMA (adek saya yang SD make nama aslinya di pesbuk (dan ga saya confirm)). pertama kekna mulai ada di friendster dan sekarang di pesbuk. kenapa banyak ditemukan di remaja? simpel aja sih, karena remaja masa berekspresi, masa dimana mereka ingin terlihat keren, imut, cute, kawaii (not kowaii). dan salah satu cara mereka berekspresi adalah dengan memakai nama alay itu.

alay sendiri di masyarakat mendapat berbagai tanggapan. ada yang mencibir,ada yang menganggap itu hal yang mengiritasi hidup, ada yang menganggap itu ekspresi. ada yang cuek, ada yang ogah approve di pesbuk, de el el (saya belum menemukan berita nama alay jadi salah satu motif pembunuhan). untuk saya sendiri? saya sendiri pernah make nama alay ChimanX ChimanX (itu alay bukan sih, kayaknya iya), kenapa dobel? karena sistem penamaan friendster mengharuskan nama belakang sedangkan panggilan saya emang cuma satu kata, ChimanX. (no one ask, why bother explaining?) tapi bahkan saya yang pernah jadi alaypun merasa kesulitan baca tu kata di atas sendiri. apakah alay sekarang makin sophisticated?

yah, apapun namanya, bagaimanapun mereka berekspresi, hargailah. jangan sampe nama alay jadi salah satu alasan orang dipenjara.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s