STOP SEKUHARA

sekuhara, sexual harrassment, pasti udah tau kalimat itu. belum tau? oke, pelecehan seksual, yang masi ga tau, silakan buka kamus

Selama ini, orang selalu beranggapan pelecehan seksual itu secara fisik, colek-colek lah, pegang-pegang lah, ato semacamnya. Padahal, secara verbal/kata-kata juga bisa masuk kategori pelecehan seksual lho. sayangnya, banyak pelaku sekuhara ga nyadar sedang menyekuhara, mereka menganggap itu becanda.

Pagi tadi, aku kaget karena seorang kawan bikin status dia di sekuhara. temen-temen di komunitasnya pada heboh, bahkan pacarnya udah niat mo nyantet (entah becanda entah nggak, tapi sepertinya serius, yang nyekuhara, siap-siap muntah paku ya). Dan aku yakin, kalian semua pasti bakal heboh kan kalau temennya, pacarnya, atau bahkan keluarganya di sekuhara oleh orang brengsekmaniakmesumgataudiri ga tau diri.

Kawan tadi lalu cerita bagaimana dia di sekuhara dan bagaimana dia sebelnya karena ga bisa mengekspresikan dan pasrah karena imagenya udah nakal. Selama ini, kalo ada kasus sekuhara, pemerkosaan, pasti pihak wanita diliat bagaimana imagenya, bagaimana dandanannya, yang pada akhirnya seakan menjustifikasi sekuhara dan malah mencibir sang korban. But hey, image nakal itu bukan jadi alasan sekuhara diperbolehkan. Ngliat cewe berpakaian minim bukan berarti kita bebas nyolek-nyolek, punya temen yang open-minded bukan berarti kita bisa bebas ngomong kasar ke dia. Hargai cewek bung, hargai mereka seperti kalian menghargai ibu kalian sendiri (kasusanakdurhakalaincerita). Sebagai pria, kita harus bisa menjaga para wanita, karena memang itu tugas kita. jangan mentang-mentang lebih kuat, lebih berkuasa, lebih apapunlah, kita jadi bisa seenaknya melecehkan para wanita.

Untuk para wanita, jika kalian merasa disekuhara, jangan diam aja. tegur, laporkan, hajar, santet. Oke?

sekali lagi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s